Pasar Online Indonesia Makin Tumbuh E-commerce Meraup Untung

Pasar online Indonesia diyakini akan makin kuat, seiring dengan pertumbuhan pengguna internet. Salah satu industri yang akan mencicipi peluang manis di pasar online adalah e-commerce.

Berdasarkan hasil riset Google dan Temasek berjudul “e-conomy SEA: Unlocking the $200 billion opportunity in Southeast Asia”, pasar onlne Indonesia siap meledak dengan nilai mencapai US$ 81 miliar pada 2025 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 26 persen. Dari total tersebut, 57% atau US$ 46 miliar diantaranya berasal dari e-commerce.

Indonesia diperkirakan mencapai 52% dari total pasar e-commerce di Asia Tenggara pada 2025, naik dari 31% pada 2015. pertumbuhan ini didorong oleh populasi kelas menengah yang makin besar, peningkatan akses internet, serta pertumbuhan kota tier 2 dan 3 yang memiliki akses terbatas ke ritel. Indonesia, per tahun lalu, memiliki 92 juta pengguna internet dan jumlahnya diprediksi menjadi 215 juta pada 2020.

“Belanja online akan tumbuh besar dan hal ini didorong berbagai hal. Kami yakin pertumbuhannya akan sangat kuat diberbagai bidang seperti e-commerce travel, dan transfortasi,” kata managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, saat ditemui dikawasan Jakarta.

Selain e-commerce, bisnis travel dan transfortasi online juga menjadi peluang bisnis yang tak kalah menarik di pasar on;ine. Indonesia diprediksi menjadi pasar terbesar untuk hotel dan penerbangan di Asia Tenggara pada 2025 dengan 32% pangsa pasar. Pasar diprediksi tumbuh 17% dari US$ 5 miliar pada 2015 menjadi $ 24,5 miliar pada 2025.

Transportasi online juga diprediksi menjadi yang terbesar berkat jumlah populasi dengan persentase 43% dari total pasar di Asia Tenggara pada 2025. Pasar tumbuh 22% daru US$ 800 juta pada 2015 menadi US$ 5,6 miliar pada 2025.

Melihat peluang besar di berbagai sektor tersebut, Tony memperkirakan Indonesia akan menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.”Peluangnya sangat besar (US$ 81 miliar, red) dan saya yakin tantangan yang ada akan dapat diatasi, seperti yang dapat dilihat saat ini dengan adanya sejumlah perusahaan lokal yang berhasil melebarkan usahanya,”tutur Tony.

Bahkan mendekati hari raya kemarin, e-commerce meraup untung besar dari pembelajaan yang besar-besaran.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk membeli secara online, kalian bisa membeli di marketplace ezzeti

dengan klik link berikut

shoppe ; Grosir Kaos Karakter Ezzeti

dan tokopedia : Grosir Kaos Karakter Ezzeti

artikel: liputan6.com

gambar : google

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*