MANFAAT TELUR TERNYATA PENTING UNTUK KESEHATAN SI KECIL

10 Manfaat Telur yang Penting Bagi Anak-anak

10 Manfaat Telur yang Penting Bagi Anak-anak
Ilustrasi sarapan dengan telur rebus

TELUR adalah salah satu makanan favorit di seluruh Indonesia. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat kegandrungan akan protein hewani ini tak pernah surut.

Tapi tahukah Anda, apa saja manfaat jika anak-anak sering mengkonsumsi telur? Berikut ulasannya seperti dikutip dari coolmom.info

1. Protein Lengkap:

Telur ayam ras di Pasar Sentral Pangkep, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Selasa (10/1/2017)

Telur ayam ras di Pasar Sentral Pangkep, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Selasa (10/1/2017) (Munjiyah Dirga Gazali/tribunpangkep.com)

Protein adalah blok bangunan untuk tubuh muda dan diperlukan untuk generasi sel baru dan regenerasi sel. Telur membantu anak-anak tumbuh lebih besar dan lebih kuat. Pastikan bahwa anak-anak Anda mengkonsumsi satu telur sehari dan Anda tidak perlu memberinya multivitamin sama sekali!

2. Telur Mengandung Lutein dan Zeaxanthin:

Telur

Telur (GOOGLE IMAGES)

Telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi telur setiap hari dapat mengurangi degenerasi makula pada mata. Telur juga diyakini dapat menjamin kesehatan retina mata.

3. Telur Mengandung Kolin:Choline membantu dalam membangun membran sel. Hal ini juga penting bagi perkembangan otak. Kolin juga bertanggung jawab untuk molekul otak yang sinyal saraf. Setiap satu butir telur mengandung 100 mcg kolin.

4. Mengandung Omega-
Omega 3 adalah lemak sehat yang ditemukan terutama pada ikan. Omega 3 membantu dalam perkembangan otak awal dan memori kognitif. Konsumsi rutin telur dapat membantu menunda timbulnya arthritis dan penyakit jantung sebagai anak-anak tumbuh menjadi orang dewasa.

5. Penuh Dengan Vitamin D:
Telur merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin D. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang anak-anak tumbuh.

6. Menyehatkan rambut dan kuku
Telur mengandung 9 amino esensial  yang membantu dalam pertumbuhan kuku yang sehat dan rambut untuk anak-anak.

7. Mengandung lemak tak jenuh
Anak-anak yang sering mengonsumsi telur tidak perlu dikhawatirkan akan mengalami obesitas. Disarankan agar telur yang dikonsumsi adalah telur rebus.

8. Telur Memiliki Kolesterol Minimal:
Telur memiliki kolesterol berbahaya yang sedikit. Faktanya, mengkonsumsi telur dalam jumlah banyak  menyebabkan lonjakan dalam HDL (kolesterol baik). Ini sangat penting dalam menjaga pikiran global epidemi obesitas anak-anak.

9. Mengandung Vitamin B12:
Telur merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B12. Vit B12 sangat penting untuk kesehatan saraf. Vitamin ini juga disebut cobalamin. Hal ini penting untuk otak dan sistem saraf perkembangan anak Anda.

10. Telur Mengandung Asam Folat:
Asam folat ini penting bagi  kesehatan saraf anak-anak. Kekurangan folat dapat menyebabkan kelemahan dan kerusakan saraf.(*/tribun-timur.com)
Sumber: http://makassar.tribunnews.com

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*