Ciri-ciri Anak yang Sehat dan Cerdas

www.kaoskarakter-ezzeti.com

6 Ciri-ciri Anak Sehat dan Cerdas

Memiliki anak yang sehat dan cerdas menjadi kebanggaan setiap orang tua. Ciri anak sehat dan cerdas, seperti lincah dan aktif, wajah yang segar, daya ingat yang baik, dan lain-lain.

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Berbagai cara pun kerap dilakukan untuk menjadikan anaknya sehat dan cerdas. Supaya si Kecil tumbuh sehat, cara yang dilakukan orang tua, seperti memperhatikan asupan makanan, melakukan imunisasi untuk melindunginya dari penyakit, hingga berolahraga. Sementara itu, untuk mendukung kecerdasannya, orang tua juga tidak tinggal diam, misalnya menyediakan buku-buku pengetahuan yang dibutuhkannya, memasukkannya dalam kursus, menemaninya bermain permainan edukatif, melatihnya belajar, dan banyak lagi.
Anak yang sehat dan cerdas memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali. Berikut ini adalah ciri-ciri anak tumbuh sehat dan cerdas.

  1. Memiliki fisik yang tangkas
    Anak yang sehat biasanya sangat lincah dan mampu melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan ketangkasan fisiknya. Sebagai contoh, ia cakap naik turun tangga, duduk di kursi dengan baik, dan bergerak dengan aktif.
  1. Pertumbuhan fisik yang baik
    Pertumbuhan fisik yang baik menunjukkan bahwa seorang anak tumbuh dengan sehat serta ditandai dengan pertumbuhan tulang dan berat badan anak yang ideal. Anak gemuk bukan berarti sehat dan justru berisiko mengalami obesitas.
  1. Daya ingat bagus
    Kemampuan anak dalam mengingat sesuatu dengan baik, menunjukkan bahwa ia cerdas. Mungkin Anda sering dibuat kaget ketika balita menyebut nama benda atau nama temannya yang jarang sekali ditemuinya. Hal ini merupakan salah satu ciri daya ingatnya yang baik.
  1. Pintar berbicara
    Anak yang pintar berceloteh menunjukkan bahwa kemampuan berbicaranya bagus dan tergolong anak cerdas. Setiap hari ia mendapatkan kosakata baru yang menambah perbendaraan katanya. Anak-anak di usianya 2-3 tahun yang sudah dapat menyebut berbagai nama benda di sekitarnya termasuk anak yang cerdas.
  1. Nafsu makan yang baik
    Anak yang sehat memiliki nafsu makan yang baik, sehingga dapat mengonsumsi makanan bergizi. Dengan nafsu makan yang baik, kebutuhan gizi anak dapat dipenuhi. Anak-anak membutuhkan makanan kaya gizi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, terlebih pada masa golden periode.
  1. Wajah ceria, bibir segar, dan matanya jernih
    Anak yang sehat juga ditunjukkan dengan wajah yang ceria, bibir yang segar, dan mata yang jernih karena kebutuhan gizinya terpenuhi. Wajah yang ceria berhubungan dengan tercukupinya vitamin E dan C. Mata anak yang jernih berkaitan dengan terpenuhinya vitamin A dan C. Sementara itu, bibir anak yang selalu segar berkaitan dengan kecukupan Zinc dan vitamin E.

Semoga bermanfaat ya, Mam.

sumber: ibudanmama.com

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*