CARA MENCUCI BAJU DENGAN TANGAN YANG BENAR

cara-mencuci-baju-berbahan-satin-agar-tak-mudah-rusak

Gambar: vemale.com

Mesin cuci memang memiliki berbagai pilihan pengaturan dan opsi untuk mencuci segala jenis bahan maupun pakaian. Meski demikian, ada beberapa jenis bahan atau pakaian yang mungkin tidak sesuai dengan moda pencucian menggunakan mesin cuci. Berikut ini adalah panduan praktis untuk membantu Ibu mencuci pakaian yang harus dicuci dengan tangan.

Kapan Ibu Harus Mencuci Baju dengan Tangan?

Mencuci menggunakan mesin cuci memang praktis dan hemat waktu, terutama pada zaman yang serbacepat. Namun, itu bukan berarti Ibu bisa mengesampingkan proses perawatan pakaian, terutama yang memerlukan perlakuan khusus. Beberapa kondisi yang mengharuskan Ibu mencuci baju dengan tangan antara lain adalah:

  • Pakaian terbuat dari bahan halus seperti sutra, satin, dan renda
  • Bahan dari wol atau jenis serat yang mudah mengerut
  • Mengatasi pakaian luntur
  • Mengatasi noda membandel

Sebelum mencuci pakaian jenis apa pun, pastikan cek label perawatannya terlebih dulu untuk mengetahui instruksi dan saran pencucian. Perawatan yang tepat akan membuat pakaian Ibu dan keluarga lebih awet dan tahan lama.

Tips Mencuci Baju dengan Tangan

Pakaian yang terbuat dari bahan kulit, suede, atau beludru kemungkinan akan rusak kalau dicuci menggunakan  mesin cuci. Itulah sebabnya, lebih baik mencuci jenis pakaian tersebut dengan metode dry clean di tempat laundry.

Jenis bahan tertentu seperti sutra dan wol bisa Ibu cuci sendiri di rumah dengan tangan (handwash). Mencuci dengan tangan tentu membutuhkan ketelitian lebih, terutama untuk pakaian yang terbuat dari  bahan halus. Pastikan Ibu memperhatikan beberapa hal berikut saat mencuci baju dengan tangan:

  • Basahi dan lakukan perawatan pada noda sebelum melakukan pencucian. Noda yang mengering setelah proses pencucian lebih sulit dihilangkan.
  • Cuci pakaian yang memiliki warna senada bersama-sama untuk menghindari luntur warna. Selalu pisahkan pakaian putih dari pakaian berwarna saat mencuci.
  • Gunakan deterjen atau perawatan yang tepat—ada beberapa deterjen khusus untuk bahan halus, atau untuk mengatasi pakaian yang luntur.
  • Gunakan air dingin untuk mencuci. Air hangat atau air panas berisiko membuat bahan lembut yang terbuat dari wol atau sutra jadi menyusut atau mengerut.
  • Letakkan benda-benda berukuran kecil atau mudah lepas di dalam kantong jaring-jaring atau sarung bantal. Kantong jaring akan melindungi benda-benda tersebut tersangkut atau terbelit dengan pakaian yang lebih besar.

Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan

Ada beberapa jenis barang yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci. Beberapa jenis barang lainnya yang pasti lebih aman kalau dicuci dengan tangan. Jangan lupa memakai sarung tangan karet sebelum mengikuti langkah-langkah mencuci pakaian dengan tangan berikut ini:

  1. Isi satu ember besar dengan air dingin (air hangat atau panas dapat merusak pakaian berbahan halus). Biasanya air panas hanya cocok untuk mencuci pakaian dalam demi menghilangkan dan membunuh kuman atau mikro-orgnisme yang mungkin menempel pada pakaian dalam.
  2. Tambahkan deterjen untuk mencuci. Ingat pula untuk memilih deterjen yang tidak menimbulkan iritasi.[WU1]
  3. Masukkan pakaian dan rendam selama 15-30 menit agar deterjen bekerja maksimal mengangkat noda.
  4. Kucek pakaian secara lembut. Hindari mengucek dengan tergesa atau terlalu bertenaga karena akan membuat pakaian rusak atau tangan menjadi lecet.
  5. Kosongkan ember dan bilas pakaian dalam air bersih yang dingin.
  6. Ulangi hingga semua busa telah hilang. Agar proses membilas lebih cepat, sebaiknya gunakan dua ember.
  7. Peras air dengan cara mengguling-gulingkan pakaian di antara handuk bersih. Jika tidak memungkinkan, lakukan perasan lembut agar serat-serta baju tidak melar.
  8. Keringkan di permukaan yang rata atau di tali jemuran, tergantung jenis bahannya. Ibu juga bisa menggunakan hanger jika diperlukan.

Sumber:

rinso.com/id/mencuci/tips-mencuci/petunjuk-mencuci/cuci-baju-dengan-tangan-dan-bagaimana-cara-menghindarinya.html

rinso.com/id/mencuci/tips-mencuci/petunjuk-mencuci/deterjen-yang-tepat.html

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*