Awal Sekolah Membangun Karakter

Awal Sekolah Membangun Karakter dimulai ketika ada sinergi antara orang tua dan guru. Orang tua sebagai wali pendidikan rumah dan guru sebagai wali pendidikan di sekolah harus bekerja sama dalam mendidik anak – anak karena pendidikan di sekolah tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada sekolah. Rumah sebagai pendidikan pertama dan tetap menjadi yang utama dalam pendidikan karakter anak, sedangkan sekolah adalah pintu gerbang anak menuju kesuksesan yang hakiki yaitu menjadi pembelajar. Betul?

Dari sinilah anak mulai menyadari akan lingkungan baru selain yang dia kenal. Pendidikan karakter memang tidak mudah apalagi bila bibit karakter di rumah tidak sesuai dengan ideal, ini terjadi karena anak – anak tidak mempunyai sosok yang ideal, apalagi di masa kini ayah dan ibu jarang yang berada dirumah, sehingga anak tidak punya pegangan yang kuat, oleh karena itu sekolah pertama harus memberikan sosok pengganti orang tua sementara disekolah untuk menemukan kembali sosok yang bisa menjadi karakter tauladan bagi dirinya. Jika dia tidak bisa menemukan yang dirindukan dirumah maka dia bisa menemukan yang dirindukan di sekolah.

Pendidikan karakter tidak bisa terputus untuk menjadi kuat, perubahan pada anak harus diikuti oleh perubahan sikap orang tua dalam mendidik anak. Jika orang tua selama ini tidak bisa maka harus bisa karena pada usia pendidikan dasar ini harus dikembangkan kemandirian jika tidak maka anak akan selalu bergantung kepada orang tua. Kemandirin tidak berarti meninggalkan anak untuk mandiri, karena pada usia pendidikan dasar inilah orang tua harus bisa mengantarkan bukan menelantarkan. Jika ini tidak dilakukan maka penyesalan dikemudian hari bisa terjadi dan akan terlambat apalagi untuk mengulang kembali.

Tagged

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*